Minggu, 22 September 2019

Menganalisis pendistribusian Iklan





Website menjadi komponen penting dalam mendistribusikan iklan online, dalam sebuah website terdapat alat untuk menempatkan iklan secara efektif. Mendistribusikan iklan online pada website secara efektif akan meningkatkan promosi bisnis anda. Selain itu, pendistribusian iklan online juga dapat dilakukan pada media sosial, search engine, forum, dan blog. Menurut internetworldstats.com, pengguna internet di seluruh dunia saat ini mencapai 3,631,124,813 orang. Jangkauan yang luas menjadikan internet sebagai media promosi efektif.
Potensi besar pengguna internet marketing di dunia menjadikan pendistribusian iklan online menjadi modal utama dalam membuat sebuah iklan dapat disaksikan dan mendapatkan respon dari pengguna internet. Beberapa perusahaan melakukan pendistribusian iklan online secara bersamaan agar sebuah iklan online dapat memenuhi tujuan pemasaran dan meningkatkan penjualan.
Selain itu, iklan online yang tidak didistribusikan dengan perencanaan yang baik akan menyebabkan sebuah perusahaan akan merugi lantaran biaya yang tidak terkontrol. Kedua aspek yaitu baik secara bersamaan dan mengontrol pengeluaran iklan online menjadi perpaduan yang sangat diperlukan. Sebagai contoh terdapat perusahaan yang membayar ratusan juta agar iklan nya dapat muncul pada pencarian pertama google (search engine) lalu seiring berjalannya waktu perusahaan melakukan langkah-langkah periklanan yang lebih efisien. Hingga mendapatkan formulasi periklanan online yang baik. Sehingga biaya yang dikeluarkan tidak membengkak seperti sebelumnya, hanya butuh pengeluaran yang tidak sampai puluhan juta namun efektifitas sama, dan keuntungan perusahaan tetap berlipat.

Model Pembayaran Iklan Online

Pembayaran iklan online merupakan salah satu cara agar pendistribusian iklan berjalan secara efektif. Iklan terdistribusi dengan baik membutuhkan metode pembayaran yang berbeda-beda antara satu iklan dengan iklan yang lain. Sebagai contoh ada iklan yang dibayar setelah terdapat pengunjung didalamnya (Pay Per Click) namun ada iklan yang hanya dibayar bila ada penjualan yang dihasilkan atau fee pembayaran dari setiap pembelian sebuah produk.
Karakteristik yang berbeda ini dipadukan dalam sebuah model pembayaran iklan online, Dibawah ini adalah model pembayaran iklan online :

Pay Per Impression

Pengiklan ini harus membayar setiap kali iklan tampil pada halaman web penyedia iklan. Cara yang paling umum untuk model ini adalah CPM (Cost Per Mill) atau biaya per seribu tayangan (cost per seribu). Berapa website memberlakukan iklan jenis ini dimana iklan hanya akan dibayar jika mencapai batas hitungan misalnya seribu klik atau per mill. Hal ini bertujuan untuk menarik para advertiser/pengiklan agar mau memasangkan iklan nya pada website publisher.

https://www.indiamart.com/proddetail/cost-per-impression-advertising-7148683348.html

CPM merupakan bentuk penyebaran yang menguntungkan penyedia iklan, biasanya website dengan triffic tinggi. Contoh : portal web seperti www.msn.com , website berita seperti republika.co.id atau detik.com masuk dalam kategori model pembayaran iklan menggunakan pay per impression.

Pay Per Click

Pengiklan membayar pemasang iklan setiap kali pengunjung mengklik pesan mereka (cost per click). Iklan PPC biasanya berkaitan dengan pemasaran pencarian berbayar, dimana bila sebuah publisher mendapatkan pengunjung baru setiap perpengunjung itulah yang menjadi tarif yang di tetapkan . bila kita mempunyai website yang baru dibuat tentu kita membutuhkan banyak penunjung, cara yang paling efektif agar pengunjung dapat datang sesuai dengan kategori yang telah kita tentukan adalah dengan menggunakan moder periklanan pay per click seperti pada google adsword. Periklanan menggunakan google adsword sendiri mentarifkan sebuah iklan berdasarkan berapa banyak pengunjung yang dihasilkan.




https://www.indiamart.com/proddetail/pay-per-click-service-19614863588.html

Pay Per Action

Pengiklan harus membayar untuk iklan mereka bila pengunjung telah melakukan tindakan yang diinginkan (cost per action) misalnya, pembelian atau pengiriman formulir(konsumen mengisi formulir). Metode pembayaran ini adalah cara terbaik untuk pengiklan karena mereka hanya membayar bila iklan telah memenuhi tujuannya. Setiap aksi yang dilakukan oleh konsumen seperti mengisi biodata, atau mengisi alamat email baru sebuah iklan akan dikenakan tarif, namun bila pengunjung hanya akan melihat-lihat saja tarif tidak akan dikenakan pada pengiklan.





Pay Per Sale

Model pembayaran ini memberikan komisi sesuai dengan jumlah produk atau layanan yang berhasil terjual melalui link ditampilkan affiliator. Metode affiliasi ini adalah dimana perusahaan membuka jalan seseorang untuk memberikan link agar menarik pembeli, setiap pembelian yang dilakukan akan mengarah pada kode referral (kode unik pengiklan ) dimana setiap pembelian yang terjadi, orang yang memiliki kode referral tersebut akan mendapatkan fee/ komisi dari penjualan yang dihasilkan. Bagi beberapa orang yang menggeluti dunia online marketing maka akan memanfaatkan model periklanan seperti ini, sebab orang yang mengikuti model periklanan ini tidak dibutuhkan modal yang besar seperti membayar biaya registrasi dan sebagainya, cukup memiliki akses internet untuk melakukan pemasaran. Contoh perusahaan yang menerapkan model periklanan ini adalah perusahaan e-commerce seperti amazon.com, lazada.co.id, dan alibaba.com

salah satu contoh affiliasi pada pay per sales . sumber : http://seekersmatch.com/news/item/512-affiliate-cookie-duration

Pay Per Lead

Model pembayaran ini memberikan komisi berdasarkan jumlah orang yang telah mengisi form (isian), survey, atau sign up untuk menjadi member pada website pemilik program affiliate. Pengenaan tarif pada iklan ini dikhususkan pada membership bagi setiap pendapatan iklan. Bila kita banyak berselancar pada sebuah website akan ada ajakan untuk mengikuti sebuah website bahkan mendaftar sebuah website, bila menemukan hal tersebut kita telah diarahkan untuk menjadi konsumen yang akan menjadi pendapatan bagi penyedia iklan. Cara ini juga dianggap menarik untuk para publisher atau orang yang menyebarkan sebuah iklan untuk mendapatkan penghasilan. Contoh dari model iklan online ini adalah http://www.shareasale.com/




mekanisme iklan pada pay per lead. Sumber : https://www.plexdubai.com/pay-per-lead/

Pay Per Download

Model pembayaran ini memberikan komisi berdasarkan orang yang mendownload file atau produk yang ditawarkan penyelenggara affiliate. Dalam menggambarkan model periklanan ini, mari kita jawab pertanyaan ini. Apakah anda pernah mendownload sebuah aplikasi atau software, apakah anda harus membayar ketika mendownload software tersebut? Lalu mengapa mereka memberikannya secara gratis?. Jawabannya tentu mereka memberikan software atau aplikasi tersebut tidak secara Cuma-Cuma, para pemberi software tersebut berharap mendapatkan mendapatkan uang dari setiap downloadan. Pendapatannya bisa didapatkan dari sebuah iklan yang muncul sebelum mendownload atau dari iklan pop up. Contooh dari website ini adalah www. scribd.com untuk dokumen dan www.linkshared.com untuk aplikasi dan sejenisnya.




mekanisme pay per download. Sumber : https://top1id.blogspot.com/2017/06/7-daftar-situs-paid-per-download.html

Pay Per Play

Model pembayaran ini memberikan komisi sesuai dengan jumlah orang yang memutar audio ataupun video yang ditampilkan oleh affiliator. Bila kita pernah membuka website kemudian ada sebuah video ataupun audio yang muncul, kemungkinan itu adalah model periklanan pay per play. Saat ini yang sering kita temui untuk iklan jenis ini adalah youtube.com dimana kita akan diarahkan menonton sebuah iklan sebelum menyaksikan sebuah video, bila kita membiarkan iklan itu tampil maka youtube secara otomatis mengenakan tarif.




contoh skema pay per play pada industri musik. Sumber : https://medium.com/musiconomi/musiconomi-pay-per-play-ppp-and-subscription-models-223a384e13fe

Pay Per Read

Model pembayaran Pay Per Read ini komisi diberikan bila anda sendiri mengklik/membaca iklan yang disodorkan dan diatur dalam durasi tertentu. Beberapa jurnal yang dibaca mengatur model periklan seperti ini. Bila dokumen dirasa penting dan berharga maka pemilik website dapat mengatur agar setiap pembacanya dikenakan tarif, selain itu juga terdapat website yang mengatur pembacanya akan mendapatkan komisi dari informasi yang dibacanya. Kedua hal ini masuk dalam model pay per read, Misalnya www.elecbook.com.




contoh pay per read pada sebuah website.

Cost Per Interaction

Dengan model ini, pengiklan membayar untuk iklan rollover ( iklan yang muncul setiap melakukan scroll), biasanya ditempatkan dalam video atau aplikasi (seperti aplikasi Facebook) , dan berdasarkan interaksi dengan iklan itu. Sebuah iklan dapat berisi video, permainan, atau konten kaya lainnya. Hal ini terjadi tanpa harus pengguna Internet pergi dari halaman web, dan pemasar hanya membayar bila seseorang menyelesaikan tindakan.




contoh tarif pada pay per interaction. Sumber : https://www.sparkcentral.com/blog/live-chat-vs-messaging-for-customer-support/

Flat Rate atau Sponsorships

Pemilik website yang memiliki lalu lintas rendah, kadang-kadang memilih untuk menjual ruang banner dengan biaya tetap per bulan(flat rate), tanpa memperdulikan jumlah iklan di klik atau jumlah iklan tayang. Contohnya iklan eksklusif di semua halaman dan slot tertentu halaman website, buletin, bagian, dan mensponsori konten. Sponsorship berarti bahwa tidak ada pengiklan lain yang akan muncul di bagian tersebut. Biasanya iklan seperti akan muncul pada header sebuah website atau blog. Sponsor seringkali sulit untuk diukur dan sebagian besar digunakan untuk meningkatkan brand atau kesadaraan terhadap suatu merek. 
Menganalisis Penyedia Iklan Online

Google Ads ( Search Engine)

Search engine atau mesin pencari adalah salah satu hal yang tidak akan pernah terlupakan dalam aktivitas manusia atau user di dunia maya. Nah, mesin pencari yang pasti digunakan ini tentunya menjadi salah satu lahan paling baik untuk beriklan di dunia maya secara afektif. Adapun mesin pencari yang paling favorit saat ini yang membuka diri untuk periklanan dunia maya adalah google. Google adword adalah alternatif periklanan dimana iklannya akan muncul di hasil pencarian mesin pencari. Dan sebelum beriklan, pengiklan diwajibkan untuk memilih jenis kata kunci yang relevan dengan bisnis atau produk yang diiklankannya. Demikian juga untuk adsense, iklan akan muncul di hasil pencarian mesin pencari, tetapi tempat munculnya, di dalam laman laman website tertentu yang menjadi mitra dari google adsense. Baik adsense atau adword ini sangat populer dan ramai digunakan pengguna internet saat ini.




mekanisme pembayaran pada google adsense, sumber : https://www.blogsederhana.web.id/inilah-tampilan-baru-dashboard-google-adsense-dan-google-analytics/

Facebooks Ads

Facebook adalah salah satu sosmed atau sosial media yang paling ramai digunakan orang untuk kepentingan interaksi atau komunikasi secara online. facebook ini juga bisa kita jadikan lahan untuk melakukan kepentingan bisnis kita termasuk untuk beriklan. Facebook memberikan beberapa model atau jenis iklan yang bisa kita pilih atau sesuaikan dengan kebutuhan periklanan dan finansial yang kita miliki. Bagi perusahaan UKM Facebook ads jadi salah satu periklanan online paling efektif sebab, kita dapat melakukan periklanan sesuai dengan target yang kita inginkan misal: pengguna facebook area 5 kilometer dari rumah dan remaja. Sehingga ketika kita beriklan di facebook, maka iklan itu akan muncul di kota atau area sesuatu settingan target yang kita sudah berikan atau tetapkan. Demikian juga untuk audience juga bisa kita setting setting, misalnya usia, ketertarikan jenis kelamin dan sebagainya. Sama seperti google adsense atau adword, iklan di facebook juga sering digunakan pebisnis di dunia maya untuk melakukan kepentingan bisnis berupa iklan.

Web Portal Berita

Portal berita sendiri adalah suatu website milik pribadi atau pihak tertentu yang akivitas sehari hari menyediakan konsumsi publik berupa informasi berita teraktual. Jadi lebih singkatnya kita bisa artikan sebagai website yang isinya berita berita terupdate. Portal beritanya juga bukan terfokus pada website berita semata tetapi juga bisa berita berita dari dunia olahraga. Contohnya adalah website milik detik.com, republika.co.id, dan CNN.com. dalam pemasangan beritapun kita bisa memasang dekat pada artikel atau berita yang kita inginkan, misalnya kita ingin beriklan mobil bekas, agar efektif kita dapat menaruhnya pada situs berita pada menu otomotif.

Website

Website bisa menjadi tempat yang paling efektif untuk beriklan. Website bisnis yang kompleks yang bisa digunakan untuk promosi sekaligus toko online dan terintegrasi dengan sistem hingga website sebatas company profile yang fokus digunakan untuk beriklan biasa dan hanya memperkenalkan brand atau merk atau produk atau jasa atau perusahaannya. Anda bebas menentukan sesuai kebutuhan yang anda miliki. Tetapi alangkah lebih baiknya jika anda memilih webiste yang memang bisa anda jadikan tempat iklan atau promosi sekaligus website yang bisa melakukan aktivitas bisnis dari dalamnya barulah anda bisa membangun website website lainnya yang digunakan untuk menopang atau suport bagi website utama tadi.




contoh iklan yang dipasang di web sendiri.

Cara Pembayaran iklan Online (Praktek)

Pada bagian ini kita akan membahas pembayaran pada facebook ads, dimana facebook ads merupakan tempat yang paling sering dijadikan tempat menaruh iklan karena dianggap paling populer saat ini. Facebook ads dapat menjadi tempat beriklan dengan budget yang minimalis. Distribusi iklan pada facebook oleh sebagian perusahaan mungkin menjadi tempat pemasangan iklan utama atau wajib ada. Berikut cara pembayaran iklan di facebook ads, tentu pembayaran dilakukan setelah anda telah membuat iklan di facebook ads:
  • Setelah iklan berhasil dibuat anda akan diarahkan untuk menentukan metode pembayaran, metode pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit atau atm bersama.





  • Masukkan budget iklan yang akan anda transfer, untuk pertama kali buatlah budget yang tidak terlalu besar. Bila sudah mendapatkan pembeli yang cukup untuk melakukan promosi, baru naikkan promosi seiring membesarnya omset sebuah perusahaan.





  • Langkah terakhir masukkan kode 16 digit yang tertera dilayar, pada bagian bawah anda diharapkan membaca aturan secara baik dan benar agar tidak ada kesalahan dalam melakukan transfer karena akan merugikan diri sendiri. Iklan akan otomatis muncul pada saat anda sudah melakukan transfer secara otomatis dan dapat dilihat report nya pada akun facebook ads.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 Video Pembelajaran :  Cara Memasukan Video ke Blogger