Selasa, 10 September 2019

Beriklan di Blog

Mendaftar ke AdSense untuk menampilkan iklan

  1. Login ke Blogger.
  2. Di bagian atas, klik Panah bawah Panah bawah.
  3. Klik blog, tempat Anda ingin menjalankan iklan.
  4. Di menu sebelah kiri, klik Penghasilan lalu Daftar ke AdSense.
    • Jika tidak menemukan tombol tersebut, periksa persyaratan kelayakan AdSense untuk mencari tahu alasan Anda tidak memenuhi syarat untuk AdSense.
  5. Pilih email Google yang terkait dengan akun Blogger Anda.
  6. Isi formulir AdSense lalu Buat akun.
  7. Masukkan detail pembayaran AdSense.
  8. Verifikasikan nomor telepon Anda lalu klik Kirim.
  9. Sistem akan secara otomatis mengarahkan Anda ke Blogger untuk menyelesaikan prosesnya.
  10. Jika Anda tidak diarahkan ke Blogger, klik Alihkan.
  11. Jika Anda terhenti sebelum mengklik Alihkan, atau jika mendapatkan pesan "Kami sedang berusaha menyiapkan situs Anda" di halaman beranda AdSense selama lebih dari beberapa hari:
    1. Ulangi langkah 1-5.  
    2. Klik Setujui pengaitan.

Catatan :

URL Blogger dan YouTube

Jika Anda memasukkan URL blog Blogger (misalnya, example.blogspot.com) atau channel YouTube (misalnya, youtube.com/channel/example) saat mendaftar, kami akan mengarahkan Anda untuk melanjutkan di akun Blogger atau YouTube Anda. Produk-produk ini memiliki proses pembuatan akun yang berbeda-beda. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Beriklan di blog Blogger Anda atau Menyiapkan akun AdSense untuk pembayaran.

Cara Membuat Iklan di Facebook Ads

Apa itu Facebook Ads

Facebook Ads adalah media beriklan yang ditujukan kepada pengguna Facebook sebagai audiens nya. Penempatan iklan biasanya berada pada beranda atau sidebar. Terdapat beberapa macam iklan yang disediakan oleh Facebook Ads. Jika dilihat dari bentuknya terdapat iklan video dan iklan gambar. Facebook Ads juga memiliki beberapa kategori iklan yang dilihat dari tujuannya misalnya, Impression, Traffic, Lead dan lain sebagainya. 
Selain karena jumlah pengguna aktifnya yang berlimpah dan terus meningkat dari tahun ke tahun, Facebook Ads juga memiliki berbagai kelebihan sebagai platform iklan yang andal untuk bisnis Anda. Apa saja kelebihan Facebook Ads? Berikut penjelasannya:

Kelebihan Facebook Ads

Setelah mengetahui pengertian Facebook Ads, berikut ini beberapa alasan mengapa Anda harus beriklan di Facebook.

1. Pengguna Aktif

Pengguna Facebook tidak hanya banyak, tetapi juga aktif. Facebook adalah media sosial paling aktif kedua di Indonesia setelah YouTube. Orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 3 jam 23 menit per hari di media sosial buatan Mark Zuckerberg ini.

2. Demografi Beragam

Selain memiliki pengguna berlimpah yang aktif, demografi pengguna Facebook juga beragam. Berdasarkan laporan We Are Social 2018, 56 persen pengguna Facebook adalah laki-laki dan 44 persen sisanya adalah perempuan.
Dilihat dari kelompok usia, Facebook juga menawarkan target audience bermacam-macam. Seperti yang bisa Anda lihat pada grafik di bawah ini, Facebook memiliki sebaran pengguna dari kelompok usia aktif dari remaja hingga dewasa.
cara membuat facebook ads demografi

3. Target Spesifik

Dari sekian banyaknya pengguna aktif dengan demografi yang beragam, Anda bisa menentukan target iklan Anda sespesifik mungkin. Anda bisa mempersempit target iklan berdasarkan lokasi, usia, hingga minat dan hobi.

4. Jangkauan Organik Facebook Tidak Cukup

Mungkin Anda sudah memiliki fanpage bisnis di Facebook dengan jumlah follower ribuan atau bahkan puluhan ribu. Sayangnya, kini Facebook menerapkan sistem timeline non linear yang seringkali menyebabkan follower Anda terlambat atau bahkan tidak melihat promo dan penawaran yang Anda posting di fanpage. Solusinya? Anda bisa memanfaatkan Facebook Ads. Facebook Ads tidak hanya memungkinkan untuk menjangkau follower Anda, tetapi juga mendapatkan follower baru.  

5. Remarketing

Sama dengan Google Ads, Facebook Ads juga menawarkan fitur remarketing. Dengan adanya fitur ini, target audience Anda tidak hanya melihat iklan Anda di Facebook, tetapi juga di website dan aplikasi yang bekerja sama dengan Facebook. Dengan begitu, Anda bisa mempertahankan buying intent target audience Anda melalui iklan yang tersebar di Facebook, website dan aplikasi yang bekerjasama dengan Facebook.

6. Efektif untuk Berbagai Tujuan Marketing

Facebook Ads menyediakan berbagai pilihan tujuan marketing, dari mendapatkan trafik, mengumpulkan leads, download aplikasi, hingga melakukan pembelian. Anda dapat memilih salah satu dari pilihan tujuan marketing yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Lebih lengkapnya akan sekaligus saya bahas di poin langkah-langkah membuat Facebook Ads di bawah.

7. Biaya Facebook Ads yang Murah

Dibandingkan dengan channel iklan lainnya, Facebook Ads bisa dibilang memiliki biaya iklan yang murah. Dengan Rp 10.000,- Anda sudah bisa menyewa iklan di Facebook Ads. Tidak hanya itu, Facebook Ads juga memiliki fitur pengoptimalan anggaran iklan yang memaksimalkan jangkauan iklan namun dengan biaya yang terjangkau. Jika Anda sudah mahir memilih audiens iklan Anda, Facebook akan memberikan harga iklan yang sangat murah.

Cara Membuat Halaman di Facebook

Tahap pertama yang Anda lakukan saat belajar Facebook Ads pertama kali adalah membuat halaman di Facebook terlebih dahulu. Jika Anda belum memiliki halaman di Facebook, berikut adalah cara membuat halaman di Facebook:

1. Buka Facebook Pages

Buka Facebook Pages kemudian pilih jenis halaman yang menggambarkan bisnis Anda.
cara membuat halaman di facebook mulai

2. Pilih Kategori

Pilih kategori dan masukkan nama perusahaan Anda, kemudian klik tombol Memulai
cara membuat halaman di facebook nama

3. Lengkapi Informasi

Isi alamat dan nomor telepon. Anda bisa mengatur untuk tidak menampilkan informasi alamat dan nomor telepon.

4. Unggah Foto Profil

Masukkan Foto Profil untuk halaman Facebook Anda
cara membuat halaman di facebook foto

5. Unggah Foto Sampul

Tambahkan Foto Sampul halaman Facebook Anda
cara membuat halaman di facebook sampul

6. Selesai!

Sekarang Anda sudah punya halaman di Facebook. Langkah selanjutnya adalah membuat Facebook Ads.

Setelah membuat halaman di Facebook, kini Anda sudah bisa mulai membuat iklan di Facebook Ads. Berikut adalah cara membuat iklan di Facebook Ads:

1. Buka Facebook Ads

Buka laman Facebook Ads Manager. Pastikan Anda sudah login ke akun Facebook yang Anda gunakan untuk membuat halaman di Facebook sebelumnya.

2. Pilih Pembuatan Iklan Terpandu

Buka menu Kampanye dan klik Buat Iklan. Facebook akan memberikan dua pilihan membuat iklan, yaitu Pembuatan Iklan Terpandu dan Pembuatan Iklan Cepat. Saran saya sebaiknya pilih Pembuatan Iklan Terpandu agar iklan Anda lebih spesifik.
cara membuat facebook ads kampanye

3. Tentukan Tujuan Iklan

Selanjutnya, tentukan tujuan iklan yang ingin Anda capai. Facebook menyediakan tujuan iklan dalam tiga kategori berbeda, yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.
cara membuat facebook ads tujuan
Kesadaran
Kesadaran Merek: Meningkatkan brand awareness Anda dan menjangkau orang-orang yang kemungkinan besar tertarik
Jangkauan: Menampilkan iklan Anda pada jumlah maksimal dari orang sesuai dengan anggaran Anda
Pertimbangan
Lalu lintas/Trafik: Meningkatkan jumlah kunjungan ke website Anda atau mendapatkan banyak pengguna untuk aplikasi Anda.  
Interaksi: Pilihan ini tepat jika Anda ingin mendapatkan interaksi pada kiriman, like halaman, tanggapan pada acara yang akan Anda selenggarakan atau untuk promo mengenai produk Anda.  
Pemasangan aplikasi: Tujuan iklan ini berguna bagi Anda yang menginginkan orang lain menginstal aplikasi yang Anda buat.  
Penayangan video: Jika Anda membuat konten berupa video, pilihan ini harus dipilih untuk mendapatkan lebih banyak orang menonton video yang Anda buat.  
Pembuatan prospek: Untuk mengumpulkan data dari orang yang memiliki ketertarikan pada produk Anda, data tersebut dapat berupa alamat email
Pesan: Mengajak target audience untuk mengirim pesan ke bisnis Anda di Messenger atau WhatsApp
Konversi
Konversi: Untuk Anda yang ingin meningkatkan jumlah orang yang berbelanja dengan melakukan pembelian produk pada website Anda.  
Penjualan katalog produk: Menampilkan iklan mengenai produk katalog Anda sesuai dengan target yang ditentukan.  
Kunjungan toko: Jika Anda memiliki toko offline atau toko fisik, silakan pilih bagian ini untuk meningkatkan pelanggan mengunjungi toko Anda

4. Klik Tujuan Iklan Anda

Pertimbangkan tujuan iklan mana yang paling cocok untuk Anda. Di tutorial Facebook Ads ini yang saya pilih adalah tujuan lalu lintas/trafik

5. Pilih Jenis Iklan Facebook

Facebook menyediakan dua jenis pilihan iklan, yaitu Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. Anda harus memilih salah satu. Dua jenis iklan facebook tersebut tidak dapat digunakan bersamaan.
cara membuat facebook ads optimal
Di jenis iklan Uji Split, Anda akan diminta membuat dua iklan dengan konten yang mirip, yaitu konten A dan konten B. Target audience Anda akan dibagi menjadi dua dan akan melihat iklan yang berbeda. Dengan begitu Anda bisa melihat konten iklan mana yang lebih menarik lebih banyak trafik.
Sayangnya, jenis iklan uji split membutuhkan dana dua kali lipat dibandingkan jenis pengoptimalan anggaran. Di tutorial ini saya memilih jenis iklan kedua karena lebih cocok untuk pemula.
Pada langkah ini Anda juga perlu menentukan anggaran iklan. Anda bebas menentukan anggaran iklan Anda di Facebook Ads. Di tutorial ini kami memasukkan anggaran sebesar 1 juta rupiah.

6. Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik

cara membuat facebook ads nama
Tulis nama iklan Anda agar Anda bisa mengecek performa iklan-iklan di FB Ads. Kemudian pilih tujuan trafik Anda ingin diarahkan ke mana. Anda bisa mengarahkan trafik atau lalu lintas ke website, aplikasi, Messenger, atau WhatsApp.

7. Tampilkan Promo

cara membuat facebook ads promo
Jika Anda sedang menjalankan promo di bisnis Anda, centang pilihan promo untuk menampilkan promo tersebut.

8. Tentukan Target Audience

Seperti yang saya sebutkan di awal artikel, Anda bisa menentukan spesifikasi target audience Anda berdasarkan faktor di bawah ini:
cara membuat facebook ads pemirsa
Pemirsa Khusus: Anda bisa mengatur untuk menjangkau orang-orang yang pernah berhubungan dengan Anda baik secara online maupun offline. Anda bisa mengarahkan iklan kepada orang-orang yang pernah mengunjungi website Anda, berinteraksi di konten halaman Facebook Anda, sampai orang-orang yang pernah menelepon Anda.
Lokasi: Anda dapat menentukan lokasi dari target. Masukkan satu atau lebih banyak negara, negara bagian/wilayah, kota, kode pos, alamat, atau Designated Market Areas ® untuk menampilkan atau mengecualikan iklan Anda kepada orang dalam lokasi ini. Penargetan lokasi belum tersedia di semua negara.
Umur: Jika produk yang akan Anda iklankan berdasarkan rentang usia tertentu, Anda dapat memilih target berdasarkan usia, misalnya orang dengan usia 18-35 tahun. Silakan disesuaikan dengan produk yang akan Anda iklankan.
Jenis Kelamin: Anda juga dapat menentukan iklan yang akan ditampilkan sesuai dengan jenis kelamin, jika produk khusus wanita berarti Anda dapat memilih pilihan khusus wanita saja atau sebaliknya. Selain itu juga dapat dipilih keduanya.
Bahasa: Jika Anda sudah memilih satu lokasi dengan bahasa yang sama, biarkan ini kosong kecuali pemirsa yang Anda targetkan menggunakan bahasa yang tidak umum digunakan di lokasi yang telah Anda pilih
Penargetan Terperinci: Bagian ini untuk target iklan yang lebih rinci, seperti lokasi, minat, perilaku dan kategori lainnya. Silakan untuk memilih yang sesuai dengan produk yang Anda iklankan
cara membuat facebook ads pemirsa 3
Koneksi: Pilihan ini berguna jika Anda ingin menampilkan iklan ke orang-orang yang sudah terhubung ke halaman, aplikasi atau acara Anda. Sehingga iklan Anda dapat dilihat oleh orang yang sudah pasti memiliki ketertarikan pada produk Anda. Ini akan mempersempit jangkauan Anda dengan menyertakan orang-orang yang hanya memiliki hubungan khusus tersebut, yang juga memenuhi kategori penargetan lainnya yang telah Anda pilih

9. Tentukan Penempatan

cara membuat facebook ads penempatan
Untuk menentukan penempatan iklan Anda yang ingin ditampilkan, di sini kami memilih Penempatan Otomatis. Pilihan ini lebih baik karena Facebook otomatis akan menampilkan iklan di tempat-tempat yang memiliki kinerja paling baik.

10. Pilih Jadwal

Tentukan berapa lama iklan Anda akan ditampilkan. Di tutorial ini saya memilih untuk menjadwalkan iklan selama satu bulan.
cara membuat facebook ads jadwal

11. Pilih Format Iklan

Terdapat lima jenis format iklan yang dapat Anda pilih, yaitu sebagai berikut ini:
cara membuat facebook ads format
Karosel: Tampilan iklan dengan 2 atau lebih gambar atau video yang dapat digeser.
Gambar Tunggal: Tampilan iklan dengan 1 gambar.
Video Tunggal: Iklan dengan sebuah video.
Tayangan Slide: Iklan dengan gambar atau video slide hingga 10 gambar
Koleksi: Iklan dapat berupa gabungan gambar dan video.
Pada tutorial ini kami memilih Format Karosel dengan gambar yang dapat digeser.

12. Buat Teks

Pada bagian ini tulis deskripsi iklan Anda. Buatlah deskripsi yang menarik dan singkat agar audience Anda bisa langsung paham tujuan iklan Anda.
cara membuat facebook ads iklan

13. Pilih Gambar, Tulis Judul, dan Masukkan Tautan

Pilih gambar yang sesuai dengan deskripsi iklan Anda. Setiap format FB Ads membutuhkan ukuran gambar berbeda. Ukuran gambar masing-masing format iklan dapat Anda lihat di bagian akhir artikel ini.
cara membuat facebook ads gambar
Tambahkan judul iklan yang menarik perhatian target audience. Masukkan juga link atau tautan yang dituju.

14. Cara Bayar Iklan Facebook

Anda bisa melakukan pembayaran melalui kartu kredit atau kartu debit. Setelah Anda melakukan pembayaran Facebook akan mereview iklan Anda dan akan segera menampilkannya kalau sudah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku.
cara membuat facebook ads pembayaran

Ukuran Gambar FB Ads

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, setiap format iklan di FB Ads membutuhkan gambar yang berbeda-beda ukurannya. Berikut ukuran gambar yang sesuai untuk masing-masing format iklan:

Single Image (Gambar Tunggal)

Ukuran Gambar: 1,200 x 628 pixels
Ukuran Facebook and Instagram Stories: 1,080 x 1,920 pixels
Rasio Gambar: 9:16 to 16: 9 (cropped to 1.91:1 jika ada tautan)

Carousel (Karosel)

Ukuran Gambar: 1,080 x 1,080 pixels (30MB max)
Rasio Gambar: 1:1 (persegi)

Slideshow (Tayangan Slide)

Ukuran Gambar: 1,280 x 720 pixels
Rasio Gambar: 16:9, 1:1, or 2:3 
Format Video: .mov or .mp4 file types

Single Video (Video Tunggal)

Format Video : .mp4, .mov, and .gif adalah yang paling ideal
Aspek Rasio: 9:16 to 16:9 (Rasio idealnya tergantung pada penempatan iklan)
Resolusi: minimal 600 pixels width (pilih resolusi paling tinggi untuk ukuran file and aspek rasio yang Anda pilih)
Ukuran File: maksimal 4GB
Durasi Video (Facebook): 1 detik sampai 240 detik
Durasi Video (Instagram) : 1 sampai 60 detik
Panjang Video untuk Instagram dan Facebook: 1 sampai 15 detik

Kesimpulan

Facebook Ads adalah platform iklan efektif untuk memperluas pasar Anda. Maksimalkan potensi FB Ads untuk memperoleh lebih banyak konsumen. Untuk tutorial Facebook Ads selengkapnya, kami juga telah mempersiapkan ebook yang dapat Anda downlod. Selamat mencoba!

Perbedaan antara Google Adwords dan Google Adsense

Dalam dunia digital marketing pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Google Adwords atau Google Adsense. Meski sama-sama dalam dunia periklanan, keduanya memiliki perbedaan dan fungsinya masing-masing. Apakah anda mengetahui perbedaan dari Google Adwords dan Google Adsense? Berikut akan kami ulas perbedaan antara keduanya.
Google Adwords merupakan suatu jasa periklanan yang di buat oleh Google, dimana iklan yang di tampilkan hanya yang relative dengan konten.  Kekuatan dari Google Adwords sebagai produk layanan periklanan banyak dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya. Karena dengan menggunakan jasa Google Adwords, anda bisa mengiklankan produk anda pada semua produk google yang mendukung iklan adwords dan situs mitranya google. Keuntungan yang bisa di dapatkan dengan menggunakan Google Adwords, produk anda bisa tampil di halaman google tanpa perlu memikirkan SEO. Sistem pembayaran yang di tawarkan di bagi menjadi 2 macam, yaitu Pay Per Click dan Pay Per Million. Pay Per Click atau yang biasa di sebut PPC adalah apabila iklan dari pengiklan di klik, maka pengiklan tersebut harus membayarnya dan sebaliknya. Sedangkan Pay Per Million atau yang di sebut PPM merupakan sistem pembayaran berdasarkan jumlah iklan dari pengiklan tersebut ditampilkan. Biasanya iklan tersebut di tampilkan per 1000 kali tampil.
Google Adsense adalah sebuah jasa penawaran iklan kepada pemilik website atau blog yang nantinya web atau blog tersebut akan di pasangkan oleh iklan yang relevan dengan kata kunci atau konten yang ada pada website/blog tersebut. Pemilik website/blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan untuk memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google. Pemilik web/blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap 1 iklan yang di klik oleh pengunjung situs. Yang di kenal dengan sistem Pay Per Click atau PPC. Selain menyediakan sistem PPC, Google Adsense jugs menyediakan Adsense untuk pencarian (Adsense for search) dan iklan arahan (Referral). Pada Adsense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google pada halaman web milik mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian yang berlanjut dengan klik pada iklan. Sedangkan pada iklan arahan, pemilik situs akan mendapatkan pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut pada sebuah tindakan oleh pengunjung yang telah di sepakati antara google dan pemasang iklan.

 Video Pembelajaran :  Cara Memasukan Video ke Blogger